[Image Processing] Deteksi Ciri Retinopati Diabetik . - SEEVER BLOG

Breaking

Monday, December 23, 2019

[Image Processing] Deteksi Ciri Retinopati Diabetik .

Retinopati diabetik adalah kelainan mata pada pasien diabetes yang disebabkan kerusakan kapiler retina dalam berbagai tingkatan sehingga menimbulkan gangguan penglihatan mulai dari yang  ringan  sampai  berat bahkan sampai menjadi kebutaan permanen. Gambaran klinis awal penyakit ini adalah mikroaneurisma dan perdarahan retina(Aru W. Sudoyo., 2014). Retinopati diabetik mengenai sebagian  besar pasien diabetes melitus.  Retinopati nonproliferatif terdiri dari perdarahan intraretina serta preretina, eksudasi, edema, penebalan kapiler retina dan mikroaneurisma. Retinopati proliferative merupakan proses neovaskularisasi dan fibrosis pada retina dengan kecenderungan yang tinggi untuk menimbulkan kebutaan (Mitchell et al., 2009). Gambar 1 menunjukan kelainan pada mata penderita RD.

Gambar 1 Gambar Retina Mata (a) Kondisi Normal (b) Kondisi Terkena RD

Pada mata penderita Retinopati Diabetik (RD) terjadi perubahan secara fisik pada retinanya, perubahan tersebut meliputi adanya bintilan berukuran mikro pada pembuluh darah retinanya atau disebu denga microanurysm, adanya penumpukan cairan seperti lemak yang disebut dengan exudates dan adanya bercak merah yang diduga merupakan microaneurysm yang pecah.

Pada project ini kami mengidentifikasi salah satu ciri dari penyakit RD ini yaitu microaneurysm. Kami menggunakan program python dengan library opencv dan numpy untuk melakukan proses prepocessing, segmentasi dan ekstraksi ciri. Pada tahap preprocessing kami menggunakan CLAHE (Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization) untuk mengatur kontras citra yang sebelumnya sudah kita pisahkan chanel RGB yang dengan fungsi split untuk mengambil channel grreennya saja. Setelah itu citra di segementasi dengan fungsi thresholding dan dilanjutkan dengan opreasi morfologi. untuk lebih jelasnya, silakan tontonton video berikut. 



Pustaka :
Aru W. Sudoyo.,  dkk. (2014) Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III Edisi VI, Imu Penyakit Dalam.
Mitchell et al. (2009) Dasar patologis penyakit. 17th edn. Jakarta: Buku kedokteran EGC.

No comments:

Post a Comment