Grafik 3 Dimensi matlab |Surf Plot| - SEEVER BLOG

Breaking

Tuesday, December 25, 2018

Grafik 3 Dimensi matlab |Surf Plot|


Pada atikel sebelumnya kita telah belajar membuat grafik 2 dimensi, nah pada artkel ini kita akan belajar membuat grafik 3 dimensi. Jika pada grafik 2 dimensi ukuran objek hanya ditentukan oleh tiitk potong x dan y, pada grafik kita dimensi terdapat 3 titik potong, yaitu x,y dan z

Sama seperti grafik 2 dimensi, matlab juga menyediakan banyak fungsi grafik 3 dimensi, berhubung pembahasan grafik 3 dimensi cukup rumit dan kompleks, maka saya membaginya dalam beberapa artikel. Pada artikel ini kita akan membahsan fungsi surf.

Namun  sebelum lebih jauh membahas fungsi surf, terlebih dahulu kita harus pahami fungsi meshgrid.Secara umum, fungsi meshgrid dibedakan menjadi menshgrid 2-D dan meshgrid 3-D. Berikut format umum fungsi meshgrid.

[X,Y] = meshgrid(xgv,ygv)
[X, Y] = meshgrid (xgv, ygv) mereplikasi vektor grid xgv dan ygv untuk menghasilkan kisi penuh. Grid ini diwakili oleh array koordinat keluaran X dan Y. Susunan koordinat keluaran X dan Y masing-masing berisi salinan vektor grid xgv dan ygv. Ukuran array keluaran ditentukan oleh panjang vektor kisi. Untuk vektor grid xgv dan ygv masing-masing dengan panjang M dan N, X dan Y akan memiliki baris N dan kolom M.

[X,Y,Z] = meshgrid(xgv,ygv,zgv)
[X, Y, Z] = meshgrid (xgv, ygv, zgv) menghasilkan array koordinat tiga dimensi. Susunan koordinat keluaran X, Y, dan Z masing-masing berisi salinan vektor grid xgv, ygv, dan zgv. Ukuran array keluaran ditentukan oleh panjang vektor kisi. Untuk vektor kisi xgv, ygv, dan zgv dengan panjang M, N, dan P masing-masing, X, Y, dan Z akan memiliki N baris, kolom M, dan halaman P

[X,Y] = meshgrid(gv)
[X, Y] = meshgrid (gv) sama dengan [X, Y] = meshgrid (gv, gv). Artinya kita dapat menggunakan kembali vektor kotak yang sama di setiap dimensi masing-masing. Dimensi array output ditentukan oleh jumlah argumen output.

[X,Y,Z] = meshgrid(gv)
[X, Y, Z] = meshgrid (gv) sama dengan [X, Y, Z] = meshgrid (gv, gv, gv). Sekali lagi, dimensi array keluaran ditentukan oleh jumlah argumen keluaran.

Fungsi surf dapat digunakan untuk membuat grafik 3 dimensi dalam bentuk Surface  dengan permukaan yang "gelap"Fungsi surf terdiri dari surf(X,Y,Z) dan surf(Z), dimana:

surf (X, Y, Z) menciptakan plot permukaan tiga dimensi. Fungsi ini memplot nilai dalam matriks Z sebagai ketinggian di atas kisi dalam bidang x-y yang didefinisikan oleh X dan Y. Fungsi ini juga menggunakan Z untuk data warna, sehingga warna sebanding dengan tinggi.

surf (Z) menciptakan permukaan dan menggunakan indeks kolom dan baris elemen dalam Z sebagai koordinat x dan y, masing-masing.

Berikut adalah contoh program surf plot dengan menggunakan fungsi peaks (puncak) untuk mendefinisikan X, Y, dan Z sebagai matriks 25x25.

[X,Y,Z] = peaks(25);
surf(X,Y,Z);




Sekarang kita ambil contoh penggunaan fungsi Surf dalam mempresentasikan fungsi 3 dimensi dengan menggunakan fungsi meshgrid untuk merepleksikan vektor x,dan y. Pada contoh ini, kita menggunakan fungsi z sebagai berikut.



x = linspace(-15,15,65);y = x;
[X,Y] = meshgrid(x,y);
R = sqrt(X.^2+Y.^2);
Z = sin(R)./(R+eps);
surf(X,Y,Z);



No comments:

Post a Comment