Prototype Sistem Pada Proses Pembuatan Adonan Model Ikan - SEEVER BLOG

Breaking

Thursday, January 2, 2020

Prototype Sistem Pada Proses Pembuatan Adonan Model Ikan


Hallo kawan-kawan yang mengaggumkan. Pada artikel ini saya akan berbagi mengenai salah satu prototype sistem pada proses pembuatan adonan model ikan.  Model ikan adalah salah satu makanan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung sagu. Proses pembuatan adonan yang berulang membuat kami berfikir untuk membuat sistem otomatis yang dapat mengerjakan tugas mulai dari penggilingan ikan, pemotongan adonan, hingga pemilihan adonan yang sesuai takaran.
Project ini sebenarnya adalah bagian dari Tugas Akhirnya senior saya, tapi berhubung saya terlibat dalam project ini dan yang bersangkutan juga mengizinkan untuk saya menulis tentang project ini di seeverblog, jadi  saya saya fikir ini akan bermanfaat.
Pada dasarnya alat ini adalah mesin pemotong, pembagi berdasarkan massa dan penghitung adonan. Rancangan fisik sistem dapat dilihat pada Gambar 1 dan rancangan rangkaian kontrol dapat dilihat pada Gambar 2.



Gambar 2 Rangkaian Kontrol



Keterangan :

1. Sensor Proximity berfungsi untuk mendeteksi adonan yang keluar dari mesin              penggiling.
2. Sensor Infrared untuk menghitung jumlah adonan yang melewati Konveyor
3. Load Cell untuk menimbang berat adoanan apakah sudah sesuai dengan takaran          atau belum
4. Arduini Uno sebagai controller
5. Driver motor mengatur PWM motor stepper
6. Motor Stepper sebagai penggerak pisau pemotong adonan
7. LCD untuk menampilkan berat adonan dan jumlah adonan 
8. Servo untuk menggrakan wadah pemilah adonan.


Saat adonan keluar dari mesing penggiling, sensor proximity akan mendeteksi sehingga motor stepper akan menggerakan pisau untuk memotong adonan, adonan yang sudah terpotong akan jatuh tepat pada wadah pemilah yang sudah dilengkapi dengan load cell dibawahnya, saat load cell mendeteksi berat adonan sesuai dengan takaran yang diinginkan, maka servo akan memiringkan wadah pemilah ke sebelah konvenyor sehingga adonan akan jatuh pada konveyor dan akan terdeteksi oleh sensor infrared yang akan menghitung jumlah adonan yang telah dibuat, jika adonan terdeteksi oleh load cell tidak memenuhi berat yan diinginkan  maka servo akan memitringkan wadah pemilah kebagian wadah penampungan adonan tidak layak untuk selanjutnya digiling ulang.

Berikut adalah full program Arduino:


1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete