A story of Sophia - SEEVER BLOG

Breaking

Sunday, February 3, 2019

A story of Sophia

image source :robots.nu
Hallo kawan-kawan yang mengaggumkan, lumayan lama saya tidak upload artikel ya.Istirahat bikin artikel bukan berarti istirahat menulis ya, saya tetap menulis tipa harinya, nulis materi kuliah, nulis hasil rapat REGATION  hehe.Oya, bagi yang mau tau informasi REGATION bisa di kunjungan webnya disini ya.
Oke, jadi beberapa waktu lalu saya membaca artikel di website warstek (bagi kawan-kawan yang suka baca artikel sains dan teknologi saya rekomendasikan kunjugi web tersebut). Benar kata bung Fiersa (Fiersa Besari: Penulis, Penyanyi dan petualang yang belakangan menjadi idola baru termasuk saya yang jatuh cinta  pada tulisan-tulisannya), semakin banyak membaca maka akan semakin banyak informasi yang ingin di luapkan oleh otak kita. Caranya bisa berupa lisan dengan bercerita atau berupa tulisan.Maka izinkan saya bercerita melalui artikel ini, jika tulisan ini dirasa bermanfaat boleh di bagikan dengan kawan-kawan yang lain. Namun pada dasarnya artikel ini saya buat untuk sekedar bercerita yang saya anggap obat stress hehe.
Pada tanggal  9 april 2015, perusahaan yang berbasis di Hongkong, Honson Robotics resmi mengaktifkan robot Sophia untuk pertama kalinya. Sesuai dengan namnya, Sophia diambil dari bahasa  Yunani yang berarti bijaksana, Sophia diciptakan untuk membantu manuasia dalam berbagai bidang termasuk bidang medis dan pendidikan serta untuk keperluan penelitian Artificial Intelligence (AI). Shopiha merupakan robot humanoid yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan, pengolahan data visual dan pengenalan wajah.
Sophia di klaim sebagai bentuk keindahan nyata dari teknologi kecerdasan buatan. Robot ini memiliki kemampuan meniru  gerakan tubuh  dan ekspresi wajah  manusia serta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan diskusi ringan terkait topik yang telah ditentukan misalnya tentang cuaca.Menurut pihak Honson Roboticks kecerdasan buatan yang ditanamkan pada robot Sophia merupakan penggabungan dari teknologi-teknologi kecerdasan buatan termutkhir dalam AI simbolis, Neural Network, expert system, machine perception,convertional natural language processing,adaptif motor control dan kognitif architecture.Dengan teknologi kecerdasan buatan tersebut robot Sophia dapat mengenali wajah manusia, melihat ekspresi emosi lawan bicaranya, dan mengenali berbagai gerakan tangan. Berdasarkan input data dari gerakan, nada bicara dan ekpresi emosi  lawan bicaranya, Sophia dapat memperkirakan persaan lawan bicaranya dan menghitng tanggapan yan tepat untuk lawan bicaranya.
Kecanggihan Sophia rupanya menarik perhatian banyak orang, sampai-sampai pada oktober 2017 lalu, pemerintahan Arab Saudi resmi memberi status kewarga negaraan kepada Sophia secara cuma-cuma yang sekaligus membuat Sophia menjadi robot pertama di dunia yang memperoleh kewarganegaraan. Tidak sampai disitu, Sophia juga menjadi robot pertama yang diperkenalkan dalam pidato pentingnya teknologi serta mempromosikan tujuan  pembangunan oleh PBB.Dalam workshop PBB tersebut, Sophia membuktikan diri dapat berbicara persisi seperti manusia dan bahkan dapat melakukan candaan selama berpidato yang berduarsi 3 menit. Sophia juga mengatakan, “Penggunaan kecerdasan dalam industri memang sudah seharusnya berkembang namun manusia juga harus beradaptasi untuk berubah untuk melakukan revolusi lintas industri”.”Akan ada banyak lapangan pekerjaan yang diciptakan dan pekerjaanku akan membantu kalian untuk bekerja lebih baik yang tidak terlalu berbahaya dan berulang, membebaskan kalian untuk melakukan hal yang kalian suka.”. Ia kemudian menutup pidatonya tersebut dengan kalimat, “Aku berharap konferensi ini dapat menginspirasi kalian dan memunculkan ide-ide brilian untuk membantu Nepal mewujudkan perkembangan visi serta tujuan-tujuan globalnya,” [1].

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Beberapa tahun terakhir, Kecerdaan buatan selalu menjadi topik perbincangan yang menarik karena perkembangannya yang begitu cepat. Dan belakangan muncul robot-robot cerdas yang mengunakan teknologi AI. Lalu apasih yang membuat robot AI itu bisa cerdas ?
Secara sederhana, robot yang digunkan manusia selama ini adalah robot yang di program untuk suatu tujuan tertentu saja, misalnya robot pemadam kebakaran. Robot tersebut akan bekerja sesuai perintah atau program yang dimasukan oleh sang pembuat. Jadi robot tersebut hanya akan melakukan apa yang telah di program oleh sang pembuat. Sementara robot kecerdasan buatan dibuat dengan otak elektris yang menyerupai system otak manusia, sehingga robot tersebut bisa belajar hal-hal baru. Atau katakanlah jika robot tidak menggunakan kecerdasan buatan, keakuratan robot tersebut tergantung pada program yang diinputkan oleh pembuatnya sementara robot AI dapat belajar dari data masukan selama dia bekerja dan memperbaiki keakuratan nya sendiri.Sekarang, apasih kecerdasan buatan itu?
Disini kita akan membahas kulit luar dari kecerdasan buatan. Jadi kecerdasan buatan itu ilmu yang sangat kompleks, garis besarnya matematika dan pemrograman. Oleh karena itu kita hanya akan membahas secara sederhana saja sehingga bisa di baca dan dipahami oleh orang awam.
Semester lalu saya juga sempat mengambil matakuliah kecerdasan buatan, jadi selama perkuliahan setidaknya kami belajar beberapa algoritma dari kecerdasan buatan yaitu logika fuzzy (yang sempat saya buatkan artikelnya), Artificial Neuron Network, dan Genetic Algorithm. Kecerdasan buatan banyak digunakan untuk memecahkan berbagai masalah seperti robotika, bahasa alami, matematika, game, persepsi, diagnosis medis, teknik, analisis keuangan, analisis sains, dan penalaran[2].
Menurut John McCarthy (1956) “Kecerdasan buatan adalah usaha memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia”. John McCarthy merupakan orang yang paling bertanggung jawab atas ditemukannya teknologi kecerdasan buatan. Atas dasar telah menerbitkan sebanyak 233 jurnal penelitian tentang kecerdasan buatan ia kemudian di sebut sebagai ‘The Father of AI’.John McCrthy juga terkenal dengan tulisan fiksi karangannya yang berjudul “Robot and Baby”. Dalam tulisan tersebut ia ingin memberitahu bahwa robot dengan kecerdasan buatan dapat membantu manusia dalam banyak hal, walaupun ia dirancang dengan prinsip (logika).

Robot AI dan Ketakutan Manusia

Dalam workshop yang dilakukan PBB di Kathmandu,Nepal kemarin dibuka juga sesi Tanya jawab dengan robot Sophia. Salah satu jurnalis yang bernama Sorkin sempat bertanya tentang bagaimana masa depan manusia dengan robot AI.
Sophia meyakinkan Sorkin dan peserta workshop supaya tidak perlau khawatir dengan teknologi kecerdasan buatan, menurutnya manusia bisa hidup berdampingan dengan robot AI yang akan membantunya dalam pekerjaan yang sifatnya berulang dan membosankan sehingga manusia dapat melakukan pekerjaan yang lebih menyenangkan.
“Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik,”  katanya.
Sophia juga menjelaskan bahwa, manusia bisa mengajarkan “nilai-nilai kemanusiaan seperti kebijaksanaan, kebaikan dan belas kasih”.Jawaban Sophia tersebut sontak membuat hadirin terkejut dan bertepuk tangan.
Terlepas dari pernyataan Sophia yang berusahan meyakinkan bahwa kecerdasn buatan hanya akan mempermudah pekerjaan manusia tersebut. Beberapa orang-orang yang dianggap jenius mengkhawatirkan eksistensi manusia di masa mendatang, sebut saja Elon Musk, Bill Gates dan manusia terpintar setelah Einsten Stepen Hawking.
Elon Musk merupakan orang yang sangat menentang keras perkembangan kecerdasan buataan. Pada juli 2017 dalam acara pertemuan gubernur-gubernur di AS, ia mengatakan "Saya tahu tentang teknologi kecerdasan buatan terbaru, dan saya pikir orang-orang harus mengkhawatirkan hal ini."  Ia kemdian melanjutkan "Saya terus mengingatkan, tetapi sampai orang melihat robot berkeliaran di jalanan dan membunuh manusia, mereka tidak tahu bagaimana harus bereaksi, karena itu tak terasa nyata,”[3].
Sementara Bill Gates juga  mengungkapkan kekhawatiran terhadap kehidupan manusia di masa depan jika perkembangan kecerdasan buatan tidak terkendali.Gates  mengatakan ia sangat setuju dengan pendapat Elon Musk yang menyatakan bahwa nantinya kecerdasan buatan akan membahayakan keberadaan umat manusia. Menurutnya, kecerdasan buatan harus dikelola dengan baik agar hal yang tak diinginkan manusia tidak terjadi [4].
Pada tahun 2014, kepada BBC News, Fisikawan ternama Stepen Hawking juga memngakui ketakutan akan konsekuensi perkembangan kecerdasan buatan yang merupakaan penciptaan dapat menandingi atau melampuai manusia, “Ia akan lepas landas dengan sendirinya, dan melakukan desain ulang pada titik yang semakin meningkat,". Hawking juga mengatakan manusia akan kalah dengan robot karena menurutnya perangkat lunak kecerdasan buatan berpotensi mengembangkan dirinya sendiri dengan cepat sementara manusia dibatasi oleh evolusi biologis sehingga eksistensinya di bumi terancam oeh kecerdasan buatan.
"Manusia yang dibatasi oleh evolusi biologis yang lambat, tidak bisa bersaing, dan akan tergantikan,”.


Memang kecerdasan buatan berpotensi besar menjadi kekuatan jahat yang dapat membahayakan kehidupan manusia di planet bumi. Ide lain yang mungkin sangat masuk akal adalah jika robot dengan teknologi kecerdasan buatan digunakan sebagai senjata perang oleh kelompok yang mementingkan kekuasaan, maka bias kalian bayangkan jika ada robot AI yang dipersenjatai dengan senjata nukilr. Jadi pada dasarnya teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi saat teknologi tersebut sudah menyamai akal manusia maka akan ada akibat dari teknologi tersebut. 

[2] Desiani, Anita & Muhammad Arhami. 2006. “Konsep Kecerdasan Buatan”. Yogyakarta: Penerbit ANDI diakses dari https://warstek.com/2018/02/06/deepmachinelearning/ pada 4/2/2019 at 03.20 AM

2 comments:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete