Monster Luar Angkasa Ramalan Teori Relativity Einstein (Black Hole) - SEEVER BLOG

Breaking

Sunday, February 10, 2019

Monster Luar Angkasa Ramalan Teori Relativity Einstein (Black Hole)

Hallo kawan-kawan yang mengaggumkan. Apa kabar? Kabar baik dong, karena hari ini hari minggu hehe. Untuk mengusir kebosanan, izinkan saya bercerita.  Hari ini ada cerita dari  ahli gizi yang bangun kesiangan :V.  eh, bukan. Ini cerita tentang lubang yang ada di luar angkasa. Di luar angkasa ada lubang? Tidak percaya? Ayo kita lihat ke luar angkasa. Jauh kamvreet. Oke kalau begitu kita harus percaya kata orang, kata astronom, kata Einstein, kata, Hawking yang akan saya ceritakan di sini.
Ilmuan gila bernama Einstein meramalkan melalui teori relativitas umum miliknya tentang adanya lubang hitam sebagai akibat dari adanya sebuah bintang masif yang mati, dan kemudian meninggalkan sisa inti kecil yang padat. Jika massa inti ini lebih besar dari tiga kali massa matahari, persamaan dalam teori relativitas menunjukan, adanya gaya garvitiasi yang sangat besar yang membanjiri gaya-gaya lain di jagat raya sehinga menghasilkan lubang hitam (Black Hole).
Teori Black Hole  pertama kali di kemukakan John Michell and Pierre-Simon Laplace pada abad ke-18, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking [1].
Black Hole  sebenarnya merupakan bagian dari ruang  waktu, yang juga merupakan gravitasi terkuat di jagat raya, sehingga benda apapun yang masuk ke lubang ini tidak akan dapat kembali, bahkan cahaya sekalipun tidak dapat dipantulkan kembali.Einstein menggambarkan Black Hole  dalam teori relativitas umum yang mejelaskan efek materi dari perubahan bintang yang mengalami pernurunan cahaya dan efek Black Hole  pada bintang di sekitarnya sebagai akibat dari gravitasi Black Hole yang sangat kuat.
Pada saat Einstein meramalkan Black Hole di luar angkasa saat itu, belum ada teknologi Teleskop yang mendukung untuk melakukan pengamatan terhadapa Lubang tersebut. Namun, setalah 100 tahun kemudian, astronom berhasil mendapatkan bukti mengenai apa yang terjadi pada bintang yang melintasi Black Hole yang supermasif. Bukti tersebut di dapat setelah mereka melakukan pengamatan terhadap bintang S2 selama 20 tahun.
Ilmuan berhasil membuktikan terjadinya peningkatan kecepatan orbit bintang lebih dari 25 juta kilometer per jam saat bintang tersebut mendekati Black Hole.
Panjang gelombang bintang tertarik ketika berusaha melepaskan diri dari tarikan gravitasi lubang hitam supermasif. Bintang itu pun lantas berubah warna dari biru menjadi merah, seperti dijelaskan Odele Straub dari Observatorium Paris [2]. Penemuan ini telah menambah list fakta tentang alam semesta yang dapat dijelaskan oleh teori relativitas milik Einstein.

Black Hole and Theori Of everything

Kalian pasti tau dengan ilmuan yang di sebut-sebut sebagai manusia terpintar setelah Albert Eisntein, Stephen Hawking.Apa? kalian tidak tau? Baiklah, kalian bisa cari tau dengan memanfaatkan teknologi yang bernama internet. Saya jelaskan ya, intenet itu selain bisa kalian gunakan untuk menyebar berita hoax dan Blck Campign ternyata bisa kalian gunakan untuk keperluan yang lebih bermanfaat, main game misalya :D, atau dengan membaca artikel-arikel seputar sains dan teknologi.Jadi agak ngelantur ya, tidak masalah, saya cuma mau bilang, untuk orang-orang yang suka membaca berita hoax dan Black Campign kemudian menyebarkan ketahuilah bahwa otak anda sedang dalam keadaan tiarap (istilah dari bang maman). Dan sadarilah bahwa yang bisa mengubah hidup anda bukan Jokowi dan Prabowo apalagi Sandiaga dan Ma’ruf Amin, melainkan kerja keras  dan pertemanan yang anda pelihara sewaktu muda.
Oke, lupakan mereka. Kita kembali dengan Theori Of Everthing. Jadi theory ini merupakan theori yang di impi-impikan oleh Stephen Hawking. Untuk apa?
Jadi begini, Alam semesta ini dapat dijelaskan oleh dua theory hebat, yaitu Theori Relativitas Umum dan Theori Kuantum. Theori Relativitas umum dapat menjelaskan benda-benda yang memiliki massa yang besar, seperti matahari, planet, bintang galaksi dan jagat raya. Sementara theory Kuantum menjelaskan benda-benda yang ber massa kecil seperti atom, prothon dan electron.
So, saat kita mau menjelaskan benda-benda yang ber-massa besar maka kita memerlukan theory relativitas umum dan sebaliknya saat menjelaskan benda yang ber-massa kecil maka kita menggunakan theory kuantum. Masih belum menjelaskan Theori Of Everything? Lanjut,  dalam keadaan normal, benda berukuran besar pasti bermassa besar, dan sebaliknya benda yang berukuran kecil juga bermassa kecil. Tetapi hal yang berbeda dengan pusat dari Black Hole yang memiliki ukuran kecil namun memiliki massa yang besar. Gagal paham ya? Itulah mengapa Eisntein menganggap segala sesuatu itu relative.
Maka dari itu, Stephen Hawking berkesimpulan untuk dapat menjelaskan pusat dari Black Hole maka dibutuhkan theory yang menggabungkan theory relativitas umum dan theory kuantum yang ia namakan dengan Theori Of Everything.
Namun sayangnya, hingga akhir hayatnya, Stepen Hawking belum bias muwujudkan theory impiannya tersebut, tentu saja itu bukan hal yang mudah.
Walaupun belum berhasil mewujudkan Theori Of Everything, Hawking tetap mempunyai sumbangan besar terhadap Theori Black Hole, yang dikenal dengan istilah Radiasi Hawking. Apa itu Radiasi Hawking?
Berhubung saya sudah cukup lelah dan belum cukup refernsi untuk membahas Radiasi Hawking jadi pembahasannya di lanjutkan di artikel selanjutya. Tapi saya kasih bocoran sedikit biar kalian penasaran. Intinya, Theori Radiasi Hawking menjelaskan bahwa Black Hole yang semula di anggap sebagai objek yang tidak mau melepaskan apapun yang masuk kedalamnya, ternyata memancarkan sinar/radiasi. Jadi sekarang cahaya bias lolos dari Black Hole ?  saya juga belum paham apakah radiasi yang disebut Hawking itu adalah cahaya yang lolos dari Black Hole atau apa, dan akan saya cari tau.
Baiklah, saya cukupkan dulu artikel ini,oya satu lagi, bagi yang penasaran dengan kisah Stepen Hawking dan Theori Of Everything  kalian bisa tonton kisahnya di film The Theori of Everythink(2014). Jika sekira artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share dengan kawan-kawan yang lain, percayalah akan lebih bermafaat dari menyebarkan berita politik dengan sudut pandang subjektif.

[1].https://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam
[1]. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180727014907-199-317353/100-tahun-teori-lubang-hitam-einstein-baru-terbukti

Gambar depan di ambil dari :https://earthsky.org/space/rotating-black-holes-portals-for-hyperspace-travel

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete