SEGMENTASI CITRA (IMAGE SEGMENTATION) MENGGUNAKAN COLOR SPACE - SEEVER BLOG

Breaking

Friday, August 2, 2019

SEGMENTASI CITRA (IMAGE SEGMENTATION) MENGGUNAKAN COLOR SPACE


Sekarang adalah era deep learning dan big data, sehingga dalam pengolahan citra yang kompleks lebih banyak memanfaatkan algoritma tersebut. Namun, Color Space tetap berguna untuk menganalisa gambar. Namun sebelum membahas metdoe segmentasi dengan menggunakan Color Space terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang segmentasi citra (Image Segmentation).


Segmentasi Citra (Image Segmentation)

Dalam proses menganalisa gambar, terkadang kita membutuhkan pengolahan hanya pada suatu objek tertentu dalam satu frame, oleh sebab itu dibutuhkan pemisahan antara objek yang kita inginkan dengan objek lain dalam frame tersebut. Segmentasi  citra berguna untuk memishakan objek (foreground) dan background. Salah satu metode untuk melakukan segmentasi citra adalah mengunakan color space.

Apa itu Color Space ?

Color space yang paling umum adalah RGB (Red Green Blue), dimana warna dipresentasikan oleh 3 warna poko, yaitu merah, hijau dan biru. Dalam istilah yang lebih teknis, RGB menggambarkan warna sebagai tupel dari tiga komponen. Setiap komponen dapat mengambil nilai antara 0 dan 255, di mana tupel (0, 0, 0) mewakili hitam dan (255, 255, 255) mewakili putih.
RGB dianggap sebagai ruang warna “aditif”, dan warna dapat dibayangkan sebagai hasil dari sejumlah cahaya merah, biru, dan hijau cerah ke latar belakang hitam.
Berikut adalah contoh dari warna dan nilai RGB nya

RGB merupakan satu dari 5 jenis color space yang paling banyak digunakan. Seperti, CMYK yang banyak digunakan pada percetakan (printing), HED yang banyak digunakan dalam dunia medis untuk  menganalisa slide kaca yang dipasang dengan sampel jaringan bernoda dipindai dan disimpan sebagai gambar.
HSV dan HSL adalah deskripsi hue, saturation, dan brightness / luminance, yang sangat berguna untuk mengidentifikasi kontras dalam gambar. Ruang warna ini sering digunakan dalam alat pemilihan warna dalam perangkat lunak dan untuk desain web.
Dalam dunia nyata, warna adalah fenomena berkelanjutan, yang berarti bahwa ada jumlah warna yang tak terbatas. Ruang warna, bagaimanapun, mewakili warna melalui struktur diskrit (sejumlah nilai integer bilangan bulat), yang dapat diterima karena mata manusia dan persepsi juga terbatas. Ruang warna sepenuhnya dapat mewakili semua warna yang dapat kita bedakan.

Segmentasi Citra dengan Color Space

Untuk memperagakan teknik segmentasi dengan Color Space  saya telah menyediakan dataset gambar ikan badut dan repository bahan python sebagai bahan, anda dapat mendapatkannya disini. Ikan badut  memiliki warna orange yang terang sehingga merupakan objek yang baik untuk di segmentasi. Namun sebelum itu pastikan anda sudah menginstaall library python yang akan digunakan seperti openCV, matplotlib dan numpy. Jika anda belum menginstall library tersebut anda saya sarankan untuk membaca artikel ini. Berikut kode segmentasi gambar ikan nemo.



1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete