Jika
pada artikel sebelumnya kita membahas tentang fungsi 3 dimensi surf dan surfc ,
pada artikel ini kita akan membahas fungsi grafik permukaan lainnya yaitusurface dan surfl.
Surfl
Fungsi
surfl digunakan untuk menampilkan permukaan yang teduh berdasarkan kombinasi
model pencahayaan ambient, diffuse, dan specular.Berikut format umum fungsi
surfl:
surfl(Z)
surfl
(Z) dan surfl (X, Y, Z) membuat permukaan teduh tiga dimensi menggunakan arah
default untuk sumber cahaya dan koefisien pencahayaan default untuk model
naungan. X, Y, dan Z adalah vektor atau matriks yang menentukan komponen x, y,
dan z pada suatu permukaan.
surfl(...,'light')
surfl
(..., 'light') menghasilkan permukaan berwarna dan terang menggunakan objek
cahaya Matlab. Ini menghasilkan hasil yang berbeda dari metode pencahayaan
default, surfl (..., 'cdata'), yang mengubah data warna untuk permukaan menjadi
pantulan permukaan.
surfl(...,s)
surfl
(..., s) menentukan arah sumber cahaya. s adalah vektor dua atau tiga elemen
yang menentukan arah dari permukaan ke sumber cahaya. s = [sx sy sz] atau s =
[ketinggian azimuth]. Default s adalah 45 ° berlawanan arah jarum jam dari arah
tampilan saat ini.
surfl(X,Y,Z,s,k)
surfl
(X, Y, Z, s, k) menetapkan konstanta reflektansi. k adalah vektor empat elemen
yang mendefinisikan kontribusi relatif dari cahaya sekitar, refleksi difus,
refleksi specular, dan koefisien penyinaran specular. k = [ka kd ks bersinar]
dan default ke [.55, .6, .4,10].
Berikut
contoh program menggunakan fungsi surfl.Pada program ini kita juga menggnakan
fungsi shading yang berungsi untuk
mengontrol bayangan warna pada surface dan patch objek grafis.
[x,y] = meshgrid(-3:1/10:2);
z = peaks(x,y);
surfl(x,y,z);
shading interp
Surface
Surface adalah fungsi tingkat rendah untuk membuat objek grafik permukaan. Surface adalah plot data matriks yang dibuat menggunakan indeks baris dan kolom setiap
elemen sebagai koordinat x dan y dan nilai setiap elemen sebagai koordinat z. Berikut adalah format umum syntax surface.
surface(Z)
surface(Z) digunakan untuk memplot permukaan yang ditentukan oleh matriks Z. Di sini, Z adalah fungsi bernilai tunggal, yang didefinisikan pada kisi geometris persegi panjang.
surface(Z,C)
surface (Z, C) digunakan untuk memplot permukaan yang ditentukan oleh Z dan warna sesuai dengan data dalam C
surface(X,Y,Z)
Surface (X, Y, Z) menggunakan C = Z, sehingga warna sebanding dengan tinggi permukaan di atas bidang x-y.
surface(X,Y,Z,C)
surface (X, Y, Z, C) memplot permukaan parametrik yang ditentukan oleh X, Y, dan Z, dengan warna yang ditentukan oleh C.
Pada contoh program surface di bawah, kita juga menggunakan fungsi view yang berfungsi untuk menentukan orientasi sumbu. view menentukan sudut pandang azimuth dan elevasi, atau titik dalam ruang tiga dimensi.view (3) mengatur tampilan tiga dimensi default, azimuth = –37.5, elevasi = 30.
Berikut adalah contoh program surface dalam menampilkan grafik fungsi:
dengan :
[X,Y] = meshgrid(-2:0.2:2,-2:0.2:2);
Z = X.*exp(-X.^2 - Y.^2);
figure
surface(X,Y,Z);
view(3)
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
ReplyDeleteSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.net
arena-domino.org
100% Memuaskan ^-^